KAMIS, 05 AGUSTUS 2010 | 01:32 WITA | 4483 Hits
Share |

Incumbent Kalah di Matra, Suhardi Oppo di Mamuju

MAMUJU -- Wakil Bupati Mamuju Utara (Matra) Sulawesi Barat (Sulbar) Agus Ambo Djiwa berhasil memenangkan pemilukada daerah itu, dengan angka mutlak. Berdasarkan quick count (penghitungan cepat) Institute For Social and Political Economic Issues, Agus yang berpasangan H Muhammad Saal (Handal) meraih 63 persen suara. Pasangan Handal diusung koalisi PDIP dan Golkar.

Rivalnya, pasangan Abdullah Rasyid-Bachtiar Syam (Hari Berbakti) yang diusung koalisi PPP, PAN, PBR, dan beberapa parpol lain, hanya mengumpulkan 31 persen suara. Lalu pasangan Syamsur Faisal-Rani A Pasamalangi hanya meraih 6 persen suara.

"Ini merupakan fenomena pertama di Indonesia ada kandidat yang mengalahkan incumbent dengan perolehan suara di atas 60 persen," kata Direktur ISPEI, Imam Mujahidin Fahmid Rabu 4 Agustus.
Dominasi Agus terhadap Abdullah tampak mencolok di beberapa TPS dalam Kota Pasangkayu. Hampir semua TPS di wilayah perkotaan itu dimenangi Abdullah.

Bahkan di TPS 13 Desa Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu tempat Abdullah Rasyid dan keluarganya mencoblos, Agus mengumpulkan 260 suara. Abdullah sendiri hanya 132 suara, Faisal 24, dan Syamsur 24 suara.

Suasana di kediaman Agus di Pasangkayu malam tadi sudah ramai. Ratusan simpatisan dan pendukungnya datang menyalami Wakil Bupati Mamuju Utara itu dan memberinya ucapan selamat. Anggota DPD RI asal Sulbar, Muhammad Asri Anas turut hadir di kediaman Agus malam tadi.

Quick count Script Intermedia juga menempatkan pasangan Handal di poisisi pertama dengan perolehan 61,48 persen, disusul Hari Berbakti 31,48 persen sedangkan pasangan Syamsur Salam Matra 6,04 persen.

Ketua KPU Mamuju Utara, Muhammad Yusri M Nur menuturkan, hasil penghitungan cepat itu tidak bisa dijadikan rujukan. Ia mengatakan, rekapitulasi suara tingkat PPK baru akan dilakukan 6 Agustus besok. Sedangkan rekapitulasi tingkat kabupaten dijadwalkan berlangsung 10 Agustus mendatang.

"Kami juga berharap kepada segenap elemen masyarakat maupun tim sukses masing-masing kandidat untuk menjaga proses demokrasi ini dengan lebih aman, lancar dan sukses. Apapun hasil dari pemilihan ini, tetap bisa diterima oleh berbagai pihak sebagai sebuah konsekuensi dari proses demokrasi," katanya.

Berbeda dengan Mamuju Utara, di Mamuju pemenangnya justru incumbent. Bupati Mamuju, Suhardi Duka kembali terpilih alias oppo setelah memperoleh suara tertinggi.

Penghitungan cepat yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebutkan pasangan Suhardi Duka-Bustamin Bausat (SDK-Bustamin) memperoleh 52.72 persen suara, disusul pasangan Muh Nur Umar P-Irwan Pababari (26 persen), Ahmad Taufan-Minhajuddin Ahmad (11,98 persen), dan Muhaimin Faisal-Kelvin Kalambo hanya kebagian 8,66 persen.

"Kita mengucapkan selamat kepada pasangan Suhardi Duka-Bustamin Bausat atas kemenangan dalam pilkada ini," ujar Direktur Riset JSI, Eka Kusmayadi, dalam keterangan persnya di Hotel DíMaleo Mamuju, kemarin. (nur-lin)

KOMENTAR BERITA "Incumbent Kalah di Matra, Suhardi Oppo di Mamuju"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).