SENIN, 27 SEPTEMBER 2010 | 19:27 WITA | 18328 Hits
Share |

Kesibukan Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Makassar
Serahkan Berkas, Foto, Paspor Jadi Empat Hari

JALUR UMUM. Aktivitas pembuatan paspor umum di Kantor Imigrasi Makassar, Jumat, 24 September. (FOTO YUSRAN/FAJAR)
TIDAK rumit mengurus dokumen keimigrasian seperti paspor. Cukup serahkan empat berkas, mengikuti foto biometrik dan wawancara, paspor sudah selesai dalam empat hari. Laporan: HARIFUDDIN, Tamalanrea RUANG tunggu di luar maupun dalam kantor Imigrasi Makassar, Jumat, 24 September, cukup sesak pengurus dokumen keimigrasian. Sejak pagi, mereka telah menunggu panggilan dari setiap loket mulai dari penyerahan berkas, wawancara dan foto, hingga pengambilan paspor.

Seorang pria berwajah oriental terlihat hilir mudik di antara pemohon paspor. Setumpuk map berwarna kuning berisi berkas permohonan pembuatan paspor di tangannya. Sesekali dia ke loket atau memanggil nama orang yang tertera di map.

Dwi, salah seorang pengurus paspor baru mengaku telah menunggu sejak pukul 08.00. Perempuan yang mengurus paspor untuk keperluan mendampingi suami yang akan studi di luar negeri menanti panggilan dari petugas imigrasi untuk sesi foto dan wawancara.

Dokumen berkas kelengkapan paspor telah dimasukkannya sejak Rabu, 22 September. Dia diminta datang untuk proses selanjutnya dua hari berikutnya. Setelah foto dan wawancara alumni perguruan tinggi terbesar di Makassar itu berharap paspornya cepat selesai.

Harapan yang sama juga diungkapkan Syamsul Rizal, warga Kecamatan Biringkanaya yang juga membuat paspor sebagai dokumen persyaratan masuk ke Australia. Rizal berencana studi manajemen di negeri Kanguru.

Mengurus paspor di kantor Imigrasi sebenarnya tidak sulit. Dokumen keimigrasian ini bisa diurus sendiri, tak perlu mengandalkan calo atau jasa pengurusan dokumen. Cukup membawa kelengkapan berkas seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran/ijazah/surat nikah/surat baptis, serta membayar biaya imigrasi.

Izin khusus juga diperlukan dari atasan bagi pegawai negeri sipil, anggota TNI/Polri, serta swasta. Sementara anak yang berusia belum genap enam belas tahun membutuhkan dokumen berupa akta kelahiran dan bukti perkawinan orang tua.

Setelah semua berkas-berkas dilengkapi, pemohon cukup menyerahkan semua dokumennya di loket pelayanan paspor yang tersedia di pojok ruangan. Petugas Imigrasi yang selanjutnya akan melakukan verifikasi dan scan berkas.

Pengurus paspor hanya menunggu panggilan selanjutnya untuk proses wawancara, foto biometrik, dan sidik jari. Proses ini bila semua dokumen yang diserahkan dinilai telah memenuhi persyaratan.

Kepala Imigrasi Makassar, Yunus Djunaid, mengatakan, waktu efektif pengurusan paspor sekitar empat hari. "Ini terhitung setelah foto biometrik dan wawancara. Sekitar empat hari setelahnya, paspor sudah selesai," kata Yunus Djunaid.

Biaya resmi pengurusan paspor juga telah ditetapkan sebesar Rp 270 ribu. Pembuatan paspor dengan biaya yang lebih mahal yakni Rp 470 ribu hanya untuk penggantian paspor yang hilang atau rusak. Pemohon paspor juga harus membeli sendiri formulir permohonan paspor dengan biaya Rp 20 ribu per formulir.

Pengurusan paspor di kantor Imigrasi Makassar memang terbilang padat. Statistik di keimigrasian menunjukkan pelayanan pembuatan paspor per hari mencapai seratus pemohon per hari. Khusus pembuatan paspor baru, ada empat loket yang melayani pemohon.

Loket satu dan dua untuk pelayanan berkas paspor. Di loket inilah pemohon menyerahkan semua berkas persyaratan. Pemohon paspor tergolong lanjut usia dan penyandang cacat dilayani di loket empat dan pengambilan paspor di loket lima. Loket tiga khusus melayani foto biometrik dan wawancara.

Hanya saja, meskipun pengurusan paspor cukup mudah dan alurnya jelas, Hamid dari Kabupaten Bone yang mengurus paspor karena berencana menjadi tenaga kerja Indonesia tetap memercayakan kepada jasa pengurusan paspor. "Lebih mudah" alasan dia.

Hamid hanya datang untuk wawancara dan foto. Selanjutnya, dia hanya menunggu paspornya selesai dan diberikan oleh jasa pengurusan paspornya. (*)

KOMENTAR BERITA "Kesibukan Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Makassar"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).