SABTU, 23 OKTOBER 2010 | 17:58 WITA | 10527 Hits
Share |

Arwana, Bukan Sekadar Ikan
Pride of Indonesia yang Terus Diburu

YUSRAN/FAJAR MAHAL. Ikan arwana yang menarik perhatian pengunjung Mal Panakkukang, Jumat, 22 Oktober.
WARNA dan sisik indah membuat harga seekor arwana bisa sama dengan sebuah sepeda motor. Gaya hidup atau kebutuhan hidup?

LAPORAN ARINI NF
Mal Panakkukang

MENDENGAR nama “arwana”, maka yang muncul di benak adalah seekor ikan dengan sisik dan warna indah. Memang, ikan jenis air tawar ini terbilang menarik, Sehingga tak jarang orang yang rela merogoh kantongnya untuk membeli seekor arwana.

Ikan arwana memang langka dan sulit diperoleh. Apalagi bagi pencinta ikan di Makassar. Maka tidak jarang, kolektor arwana pun harus memesan langsung dari luar.

Namun sudah beberapa hari ini para pencinta arwana diuntungkan dengan adanya pameran yang digelar PT Inti Kapuas International (IKI) yang memiliki brand shelook red untuk ikan arwana super red ini.

Popularitas arwana super red ini benar-benar menanjak beberapa tahun terakhir. Arwana adalah produk yang mampu bersaing dengan ikan hias populer yang dikembangkan di luar negeri untuk menjadi The Best Ornamental Fish. Sangat pantas kalau arwana ditahbiskan menjadi Pride of Indonesia atau ikan hias kebanggaan nasional.

Super red arwana sangat eksoktik. Memiliki sisik lebar tersusun rapi ditambah ring sisik merah emas menyala. Sehingga membuat tampak semakin mewah. Kelir merah ini pula yang menambah keperkasaan dan perlambang kuasa bagi pemiliknya.

Sejumlah pengunjung yang terdiri dari anak-anak, perempuan dan laki-laki terlihat serius memandangi satu persatu jenis ikan arwana dengan warna indah “meliuk-liuk” dalam sebuah akuarium polos dan hitam itu.

Menurut Service & Care Supervisor PT IKI, Erwan Hendrawan, adanya pameran sekaligus road show ini tidak lain untuk mememnuhi kebutuhan konsumen. “Di Makassar, arwana memiliki banyak peminat,” kata Erwan, Jumat, 22 Oktober.

Erwan mengaku, memelihara arwana telah menjadi satu tren gaya hidup para pencinta ikan. “Kegilaan” warga Makassar terhadap arwana juga terlihat selama pameran. Pameran yang digelar sejak 15 Oktober lalu ini mendapat respons luar biasa.

Penjualan arwana selama pameran bahkan mencapai 80 persen. Padahal harga seekor arwana sangat mahal. Bahkan bisa mengalahkan harga satu unit sepeda motor terbaru. Semisal arwana ukuran 12-20 sentimeter yang harganya Rp5 juta, ukuran 21-25 sentimeter Rp6 juta, dan ukuran 26-30 sentimeter Rp8 juta.

“Kami juga punya maskot yang ukurannya 36-40 sentimeter yang harganya mencapai Rp25 juta,” ungkap Erwan.

Erwan mengaku, arwana termasuk ikan yang stabil. Perawatannya juga mudah. Jenis ikan ini jarang terjangkit penyakit. Santapan ikan ini cukup jangkrik, udang, dan kelabang. Berminat? (*)


KOMENTAR BERITA "Arwana, Bukan Sekadar Ikan "


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).