KAMIS, 15 APRIL 2010 | 02:02 WITA | 571 Hits
Share |

Kantor Bea Cikai Ikut Hancur
Pemerintah Pusat Sesalkan Kerusuhan Priok
PEMERINTAH Pusat menyesalkan kerusuhan dalam upaya penggusuran di kompleks makam Mbah Priok yang bernama lengkap Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad di Koja, Jakarta Utara. Pihak Satpol PP dan warga diminta menahan diri.

"Menko Polhukam menyesalkan terjadinya kerusuhan di Koja dan kedua pihak harus menarik diri dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk," kata Menko Polhukam Djoko Suyanto, Rabu 14 April.
Dia menjelaskan, kedua pihak harus dipisahkan. Baik massa maupun aparat harus mundur dan massa juga tidak boleh menghalangi aparat bila akan mundur.

"Itu tindakan yang harus dilakukan sekarang agar tidak memanas lagi," tutupnya. Akibat kerusuhan di Koja ini data terakhir Pemrov DKI terdapat 100 lebih orang mengalami luka-luka, dan 7 orang kritis.
Sedangkan korban jiwa, hingga berita ini diturunkan masih simpang-siur. Malah pihak Polda Metro Jaya membantah adanya korban meninggal dalam insiden tersebut.

Sementara itu, malam tadi, sejumlah Satpol PP dan anggota kepolisian yang terkepung di lokasi kejadian bentrok makam Mbah Priok sudah dievakuasi. Evakuasi dilakukan lewat laut untuk mengamankan aparat dari amukan massa.

Evakuasi tersebut dilakukan dengan menggunakan kapal. Namun belum dijelaskan kemana polisi dan Satpol PP tersebut dievakuasi.

Tak hanya kendaraan petugas Satpol PP dan kepolisian yang menjadi sasaran amukan massa, tapi
Kantor Bea Cukai di Tanjung Priok juga ikut hancur.

Kantor yang berada di kawasan Tanjung Priok itu diamuk massa. "Semua hancur mulai dari ruang penelitian dokumen, Posko P2, posko pemeriksa barang dirusak, komputer dirusak dan dijarah," kata Kepala Humas Bea dan Cukai, Evi Suhartantyo.

Akibat insiden itu, seluruh dokumen berserakan di lantai. Pihak Bea dan Cukai pun, segera melakukan pembersihan di lokasi setelah amuk massa reda. "Kami melakukan pemotretan untuk dibuat laporan kejadian," tutup Evi. (ars-bs)

KOMENTAR BERITA "Kantor Bea Cikai Ikut Hancur"


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).